Kabar Bohong Mulai Beredar, Bayi dari Penumpang Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan

  • Share

Android News, Bengkulu– Dalam setiap peristiwa yang menggemparkan seperti kecelakaan pesawat, ada saja pihak-pihak yang dengan sengaja membuatkabar bohong. 

Salah satunya, kini tengah beredar di media sosial dan grup-grup percakapan WhatsApp, ditemukan bayi dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182. 

Adapun pesawat Sriwijaya Air SJ182 dipastikan jatuh di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Sabtu, 9 Januari 2021, sekitar pukul 14.40 WIB. 

Dalam foto tangkapan layar yang diterima Halo Depok pada Minggu siang, 10 Januari 2021, terlihat seorang bayi sedang dievakuasi seorang TNI dan dokter. 

Bayi tersebut sedang menangis dan mengenakan baju pelampung. Tidak tampak ada tanda-tanda bayi tersebut baru saja diselamatkan dari lautan. Foto tersebut disertai tulisan, “BASARNAS, SAR, dan Team Gabungan Angkatan Laut berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air SJ182.” Atas kuasa Allah SWT masih selamat, dan terombang-ambing selama 24 jam di lautan.” Begitu narasi yang tertulis dalam gambar yang tersebar tersebut.

Android News lantas mencoba mencari kebenaran foto tersebut. Benar saja, foto ini sudah sering digunakan untuk mengabarkan berita bohong sejak 2018. Foto ini pertama kali membuat heboh saat pesawat Lion Air buatan Boeing dengan tipe 737-8 Max dengan nomor penerbangan JT 610, kecelakaan di perairan Karawang. Sehari setelah peristiwa tersebut, foto tersebut dinarasikan hampir mirip, yakni ditemukan tim Basarnas di tengah lautan setelah terombang-ambin selama 24 jam. Sayangnya, tidak diketahui secara pasti siapa yang menyebarkan informasi ini pertama kali, karena yang mengirimkan juga mengaku mendapat dari grup percakapan. Karenanya publik diminta untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi mengenai kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, demi kebaikan bersama. (AN/Redaksi)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *