KOMISI I BENTENG RAPAT BERSAMA BPN MENGENAI HIBAH LAHAN

  • Share

Android.id/BENTENG – Ketua Komisi 1 Bapak Arsyad Hamzah melaksanakan rapat bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengenai hibah lahan di Kantor BPN.(08/06/2021)

Tokoh masyarakat Arsyad Hamzah menindaklanjuti dari adanya aspirasi demontrasi yang dilakukan oleh Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Lima di Halaman Kantor DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah pada tanggal 27 Mei 2021 lalu.

Berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Argamakmur no 5 th 2016.Maka lahan seluas 30% dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah harus dikembalikan kepada masyarakat penghibah lahan.

Pengembalian lahan 30 persen kepada warga penghibah lahan komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah (Benteng) di Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi sampai saat ini belum tuntas. Hal tersebut terbukti dengan masih adanya pemilik tanah yang mengungkapkan bahwa lahan 30 persen tersebut belum dikembalikan Pemkab Benteng dengan berdalih terkendala dengan beberapa regulasi yang belum terpenuhi.

“Kami masyarakat menunggu proses yang saat ini dijanjikan pemda untuk pengembalian lahan 30 persen itu,” ungkap M.Halis itu yang dilontarkan aksi demonstrasi pada tanggal 27 Mei 2021 lalu. Jumlah lahan yang belum dikembalikan itu sebanyak 46 hektar. dari jumlah 150 an hektare.

Dikatakannya bahwa pengembalian lahan 30 persen kepada warga tersebut segera direalisasikan dalam waktu dekat ini.

Untuk mekanisme, katanya nanti Badan Pertanahan akan berkerjasama dengan pihak desa untuk menyerahkan sertifikat tanah tersebut melalui jalur program Prona.

Ditegaskan Arsyad, bahwa Pemda harus serius menangani hal tersebut dari pda nanti berbuntut panjang sampai-sampai warga menarik kembali hibah.

“Fokus secepatnya untuk selesaikan dulu yang 30 persen ini, saya tidak ingin tim yang ditunjuk atau atau pemda yang menangani itu bekerja setengah hati, saya minta maksimal,” pungkas Arsyad Hamzah.

Sehubungan dengan permintaan Tokoh Masyarakat Ketua Komisi 1 Arsyad Hamzah,SE selaku Tokoh Masyarakat ikut serta memperjuangkan hak masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah bahwa lahan 30 persen akan segera kita realisasikan dalam waktu dekat ini. (Red/RY/Adv).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *